Sabtu, 12 Maret 2011

Generasi C, Generasi Digital (1)

Pada judul di atas menulis Generasi C, generasi Digital. ”Generasi C” atau ”Gen C”, bukanlah menunjuk pada angkatan kelahiran, melainkan sebutan generasi baru yang dibentuk oleh generasi digital (native digital).


Generasi C ini bergaul setara, tanpa dibatasi usia dan status sosial lainnya. Mereka lahir dengan mouse di tangan. Suku mereka bisa jadi facebook, Kaskus, twitter, game on line dan sebagainya.

Bisa jadi usia mereka masih anak SD, namun juga bisa juga dewasa, yang berumur 40 tahunan. Pokoknya mereka berada di tengah-tengah teknologi digital. Mereka bisa jadi ada di Tokyo, New York dan tentu saja Batam.

Mereka adalah aktivis dunia maya. Di antara mereka adalah bagian dari 500 juta facebooker di seluruh dunia, yang meng-update 60 juta status perhari, meng up-load 3 miliar foto setiap bulannya, menyebarkan 5 miliar content (web links, sharing berita, tulisan blog, catatan, foto dan lain-lain) tiap minggunya, dan menghabiskan 700 miliar menit perbulan untuk mengakses.

Dan Pakarz, seorang peneliti Australia mengatakan, C yang dimaksud di sini bisa berarti content, connected, digital creative, cocreation, costomize, curiosity, dan cyborg. Namun bisa juga berarti cyber, cracker, dan chameleon (bunglon).

Mereka sangat aktif dan partisipatif menjelajah dunia online baik lewat komputer maupun ponsel. Tak hanya pengunjung juga pencipta masyarakat online di dalamnya. Mereka juga menjadi follower orang-orang hebat dan lebih mudah menemukan fakta-fakta, konsep atau teori baru.

Selain itu, di sini mereka bebas mengutarakan opini, saling berbagi isu hangat baik tingkat lokal maupun dunia kemudian didiskusikan bersama. Bahkan juga menjadi wartawan dadakan (citizen journalism). Karena itu, Gen C ini sangat ampuh mengusung perubahan.

Kita masih ingat bagaimana masyarakat menggalang simpati pada Prita, juga bersimpati pada Bibit-Chandra dalam kasus ”cicak lawan buaya” setelah digerakkan oleh jejaring sosial.Yang paling dahsyat, bagaimana Gen C ini mampu menggulingkan Presiden Mesir Husni Mubarak setelah 30 tahun berkuasa.

Karena sifatnya yang terhubung dan terekspose oleh jaringan informasi, maka mereka sangat cepat berubah mengikuti arus informasi yang diterima. Maklumlah, mereka tak hanya fanatik pada satu sumber informasi saja.

Jadi, dalam hal berbusana saja, bisa jadi hari ini mereka berbusana ala Lady Gaga, namun esoknya sudah tampil ala harajuku. Demikian pula dalam hal lain. Semua multy choicess.

Ciri lain Gen C selalu dibentuk oleh content dan sangat kecanduan jejaring sosial. Suka sibuk sendiri, multi tasking, jauh tapi dekat, dekat tapi sebenarnya jauh. Jadi jangan heran bila saat ini Anda melihat, lawan bicara kita yang kadang tak konsen.
Badannya bersama Anda, namun perhatiannya entah kemana. Tangan dan matanya selalu tak lepas dari blackberry-nya. Dunia digital tanpa sengaja menyeret penggunanya untuk menciptakan dunianya sendiri.

Fenomena lain, kita melihat saat ini kian menjamurnya rental games online yang telah membentuk komunitas sendiri. Sehingga ”membernya” justru lebih dekat dengan komunitas online-nya dibandingkan orang-orang di luar komunitas itu. Teknologi tanpa disengaja memisahkan mereka dengan dunia nyata walau hanya sesaat.

Gen C ini juga membuat apa yang dulu dianggap privat dan personal menjadi terbuka dan menjadi konsumsi publik. Bila zaman dulu orang selalu curhat di buku harian yang sangat rahasia lengkap denagn gemboknya, namun kini semua serba terbuka.

Di blog yang juga disebut diary online, mereka bebas menulis apa saja yang didengar, lihat, dan dirasakan. Mau opini, curhat, soal asmara, rumah tangga, semua ditulisnya. Seakin dilihat orang, semakin ditanggapui, maka akan makin bangga. Tak cukup hanya di sini, masih dilengkapi dengan foto dan rekaman video.

Narsis? mereka memang narsis. So what gitu loh? Mungkin dulu pagi baru lengkap bila sudah menyeruput secangkir teh atau kopi, namun kini rasanya hari belum mulai bila tak up-date status. Ini adalah soal eksistensi, ini adalah soal panggung kehidupan, semua bebas mewarnainya.

Tidak ada komentar: