Selasa, 05 Mei 2009

Out of The Box

Masyarakat moderen, punya cara unik untuk menyiasati kebuntuan pikiran. Metoda tersebut bernama ”out of the box”, bisa diartikan juga keluar dari kotak. Bisa juga disebut, berpikir secara tak biasa, keluar dari pemikiran monoton, keluar pakem, anti kemapanan, anti status quo.


Ini adalah jenis pemikiran baru, turunan dari semangat averoisme, dan renaisans. Out of the box selalu mendengungkan perihal pentingnya rasionalisme, tradisi kritik, semarak berusaha, dan sebagainya. Out of the box adalah jalan keluar, akibat reaksi terhadap kakunya pemikiran serta tradisi (rutinitas) yang kita alami.

Apa guna out of the box ini? Oh, banyak sekali. Dari sini, kadang berhasil ditemukan cara pikir baru dalam menghadapi sebuah masalah, yang tentu saja akan ikut memicu penemuan baru dan akhirnya berujung pada tatanan hidup yang baru pula.

Sebagaimana saya singgung di atas, salah satunya, out of the box adalah juga gerakan anti-kemapanan.

Anti kemapanan adalah, terus mendorong untuk dinamis dan kritis, bukannya stagnan, dan tidak terus-menerus terpaku pada keadaan yang sudah ada. Kekritisan ini juga mendorong seseorang untuk terus mempertanyakan hal-hal yang dianggap masyarakat (kita) sebagai hal yang sudah established, dan bukannya cuma membeo.

Sejarah mencatat, banyak hal yang kadang bisa mengubah dunia, bermula dari cara berpikir yang tak biasa ini.

Di Indonesia, orang yang memiliki pemikiran out of the box, di antaranya adalah Dahlan Iskan. Bos Jawa Pos Grup ini, memang sudah terkenal dengan trobosan pemikirannya. Banyak hal yang dilakukan Dahlan Iskan, menjadi kiblat pengusaha bahkan kaum cendekia di negeri ini.

Dulu, semasih orang hanya mengenal ”koran nasional”, dengan wajah kaku, hitam putih, Dahlan sudah membikin terobosan dengan membuat koran sistem kompartemen. Mirip sistem cluster-lah. Dahlan membagi, koran berdasar klasifikasi yang tegas; berita nasional, berita kota Surabaya (home town/Metropolis), dan berita olahraga. Dari sinilah dia membawa semangat daerah ke nasional, dan nasional ke daerah.

Yang unik, nama ”Metropolis” yang dia pasang pada koran khusus berita kota Surabaya, adalah nama kota si mana Superman tinggal. Dalam kisahnya sendiri, Superman adalah seorang jurnalis.

Berkat rubrik Metropolis inilah, kesadaran penduduk Surabaya sebagai ”warga kota” tergugah. Gengsi mereka juga terangkat. Mereka tersentak, bahwa mereka juga orang kota, sama seperti orang Jakarta.

Tak puas hanya itu, selanjutnya di awal 1990-an, Dahlan membuat koran lebih ramping, dari semula 9 kolom, menjadi 7 kolom dengan konsep baru bernama young broad sheet.

Menurut Dahlan, di masa mendatang langkahnya akan banyak ditiru penerbit surat kabar, akibat melambungnya harga kertas. Semula konsep ini banyak dicibir, namun kini waktu membuktikan apa yang telah dia kemukakan puluhan tahun lalu!

Yang menarik, saat Dahlan iskan melihat perkembangan Jawapos Televisi (J-TV) yang tak begitu menggembirakan. Selanjutnya, pada pemrednya dia meminta agar siaran J-TV diubah dari semual berbahasa Indonesia, menjadi bahasa Jawa. Hasilnya? Dalam sekejap, J-TV, berkembang pesat.

Menurut Dahlan, konsep ini dia temukan saat melakukan perjalanan bisnis di China. Di sana dia melihat, siaran televisi lokal-nya, menggunakan bahasa lokal, bukan Mandarin, sebagai bahasa persatuan.

Berkat pemikirannya yang out of the box ini, dalam sekejap Jawa Pos beranak pinak di serata daerah Indonesia. Selanjutnya, dari sini bisnis Jawa Pos merambah tak hanya media surat kabar dan televisi, juga masuk pada sektor energi, properti, hingga agricultur. Semua ini berkembang pesat di bawah bimbingannya, berkat pemikirannya yang out of the box itu.










Selain Dahkan Iskan, kita lihat bagaimana seorang Mark Zuckerberg, menemukan cara menjaring kawan sebanyak-banyaknya lewat internet dengan menautkan mereka satu-persatu dalam web yang dia beri nama Facebook.

Sebelum Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004 , tradisi berkenalan manusia hanya sebatas pada e-mail-email-an saja, chatting, saling bertukar web yang berisi tulisan atau foto-foto.

Namun oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School itu, tradisi ini dirumbak. Semuanya bisa digabung jadi satu, menjadi kesatuan yang utuh dan padu.

Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Itupun, untuk menampilkan data identitas tersebut, Mark harus ”mencurinya” dari dokumen data di sekolahnya.

Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini. Hasilnya, seperti yang Anda saksikan sekarang!








Contoh lain, saat Amerika (California) dilanda demam emas, tahun 1848, siapa yang menangguk untung dari semua ini? Yang jelas bukanlah para penambang emas itu, melainkan Levi Strauss.

Dia melihat, saat orang yang mengali emas, membutuhkan pakaian yang kuat dan tahan. Maka Levi Strauss, membuat celana berbahan denim atau jins (merek Levis). Hasilnya, buah karya Levi Strauss sangat diminati, bahkan setelah demam emas itu usai, jins masih bertahan dan menjadi warisan terbesar umat manusia.

Hingga era moderen ini, konsep berpikir di luar kotak ini terus digelorakan dan berkembang dan memasuki segala lini, mulai organisasi hingga bisnis.

Maka, jangan heran jika saat ini banyak bermunculan terobosan-terobosan baru dalam ilmu pengetahuan dan bisnis, yang kita rasa amat ganjil dan tak terpikir sebelumnya.

Di Amerika saja, saat ini banyak bermunculan usaha-usaha baru yang anah-aneh. Namun, diminati. Misalnya, saat kiamat tiba, dokumen dan pesan-pesan anda akan dikirimkan ke orang-orang yang anda tuju? Anda bisa menghubungi You've Been Left Behind of Harwich, Massachusetts (youvebeenleftbehind.com).

Selengkapnya, di bawah tulisan ini, saya rangkumkan beragam usaha bisnis (beruikut link-nya) yang aneh-aneh dan mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.










Out of the box, memang luar biasa. Mungkin karena ”kesaktiannya” ini, sehingga berpikir di luar kotak ini, sampai dikaji serius, ditelaah, bahkan diseminarkan. Hasilnya diketahui, bahwa berpikir out of the box ini keluar jika seseorang memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan intelegensia yang tinggi.

Kecerdasan emosi mencoba menelaah kesulitan orang lain, dan kecerdasan intelegensia memikirkan pemecahannya. Jadilah sebuah penemuan baru. Dari sini kita memang harus peka, peka memikirkan akan apa yang orang perlukan? Selanjutnya melakukan beragam percobaan; kalau begini, orang perlu apa tidak? begitu terus.

Baca artikel terkait di
http://rizafahlevi.blogspot.com/2008/09/berpikir-saat-tak-berpikir.html

Baca juga orang yang melakukan konsep out of the box di
http://rizafahlevi.blogspot.com/2008/08/hebatnya-leak-dan-radar-surabaya-1.html

----------------------






Bisnis-bisnis Aneh (brilian?) di Amerika.

(1) Afterlife Telegrams of New Athens, Illinois (www.afterlifetelegrams.com). Layanan untuk mengkontak orang-orang yang telah meninggal.

(2) Alibi Network of Chicago (www.alibinetwork.com). Ingin ketemu selingkuhan? Bolos kerja? Layanan ini menyediakan alibi untuk anda.

(3) HappyBalls.com of Cumming, Georgia (www.happyballs.com). Jual bola antena.

(4) Barefootlist.com of Salt Lake City (www.barefootlist.com). Bikin list hal-hal yg ingin dicapai sebelum meninggal.

(5) Climax Gentleman's Club of New Alexandria, Pennsylvania. Layanan striptis drive thru.

(6) Cuddle Party of New York City (cuddleparty.com). Menjalankan acara dimana orang-orang dewasa diperkenankan mengalami keintiman kelompok secara fisik (non-sex) melalui pelukan.

(7) eNthem of San Francisco. Spesialis menciptakan lagu tema untuk perusahaan.

(8) Fetal Greetings of Jacksonville Beach, Florida (www.fetalgreetings.com). Menciptakan kartu-kartu pengumuman kehamilan yang unik. Antara lain dengan gambar sonogram bayi.

(9) Gaming-Lessons of Jupiter, Florida (www.gamercoach.com). Les main video game. Menawarkan teknik-teknik kelas dunia untuk bermain game Halo 2.

(10) Heart Attack Grill of Chandler, Arizona (www.heartattackgrill.com). Makanan-makanan lezat yg tidak sehat dan bisa bikin serangan jantung.

(11) Hotwicks Candles of Portland, Oregon (ww.hotwicks.com). Lilin dengan macam-macam bau. Ada bau roti, bau bir, bau cowok.

(12) I Do Now I Don't of New York City (www.idonowidont.com). Jual dan beli cincin kawin.

(13) Lucky Break Wishbone of Seattle (www.luckybreakwishbone.com). Jualan tulang burung kalkun dari plastik. Tulang ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Karena satu burung cuma punya satu, jadi mereka jual replikanya.

(14) Neuticles of Oak Grove, Missouri (www.neuticles.com). Implantasi testis buatan untuk binatang kesayangan anda.

(15) Origami Boulder Company of Dallas (www.origamiboulder.com). Jualan origami.

(16) Prairie Tumbleweed Farm of Garden City, Kansas (ww.prairietumbleweedfarm.com). Jualan tumbleweed. Itu loh, tanaman liar yang kering seperti di film-film koboi.

(17) Rescue Critters of Van Nuys, California (www.rescuecritters.com). Jual manekin binatang. Bisa dipakai untuk latihan operasi mengkebiri binatang.

(18) Sarah's Smash Shack of San Diego (www.smashshack.com). Stress? Lampiaskan pada piring, gelas, dan kawan-kawannya.

(19) Season Shot of Bloomington, Minnesota (www.seasonshot.com). Amunisi berisi lemon, madu, dan lain-lain.

(20) Sniff Dogs of Summit, New Jersey (www.sniffdogs.com). Pengen tau apa anak anda mengkonsumsi narkoba? Sewa saja anjing pelacaknya di sini.

(21) SomethingStore of Huntington, New York (www.somethingstore.com). Toko yang aneh. Anda bayar 10 dolar AS. Anda dikirimi ”sesuatu”. Tidak disebutkan sesuatu itu apa.

(22) The Texas Lice Squad of Missouri City, Texas (www.texaslicesquad.com) Jasa mengambil kutu.

(23) Throx of San Francisco (www.throx.com) Jual kaos kaki warna-warni. Satu pack berisi 3. Berita bagus untuk yang berkaki 3.

(24) Tiger Time Lawn Care of Memphis (www.tigertimelawncare.com). Rumput di halaman sudah tinggi? Cewek berbikini dengan mesin pemotong rumput akan berlenggak-lenggok di halaman anda.

(25) The Ultimate Taxi of Aspen, Colorado (www.ultimatetaxi.com). Taksi gaul. Ada laser, audio mixing, keyboard, drum digital, mesin dry ice.

(26) Videogames Adventure Services of New York City. Pingin merasakan serunya diculik dan petualangan seru lainnya.

(27) WeightNags of Austin. Setiap minggu mengirimkan pesan yang mengganggu tentang diet kepada anda. Tujuannya supaya anda tergugah untuk mula diet.

(28) Yelo of New York City. Kalau anda bisa tidur di tempat ini. Anda harus bayar!

(29). Unclaimed Baggage Center of Scottsboro, Alabama (www.unclaimedbaggage.com). Setiap hari toko ini menerima 7000 barang tak bertuan dari maskapai.

Tidak ada komentar: