Minggu, 16 Agustus 2009

Uya memang Magic

Menarik sekali menyaksikan acara ''street magic'' atau sulap jalanan Uya Memang Kuya di SCTV. Ah, serasa melihat bumi terbolak balik, keluar pakem atau apapun namanya.

Acara ini diputar tiap sore, biasanya sekitar pukul 17.30. Pertama saya kurang respon. Ah, apalah acara sulap jalanan. Paling dari kartu ke kartu. Tapi, lama-lama saya tertarik juga.

Rasa ketertarikan ini bermula muncul, setelah Uya melakukan trik sulap yang tak bisa dipandang remeh, misalnya membikin kotak berisi manusia melayang diudara, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga atraksi hipnotis. Wah yang ini cukup menghibur, lucu, penuh canda. Orang yang dihipnotis ditanya tentang hal-hal yang unik, misalnya takut hantu apa tidak?

Setelah sadar, pertanyaan tersebut ditanyakan lagi. Hasilnya, ternyata jawabannya berbeda dengan saat dihipnotis.

Kadang pula, setiap ada ekspresi penonton yang menarik, gambarnya dibekukan lalu diberi kutipan lucu bak dalam gambar komik.

Dari beragam kelucuan ini, lama-lama saya mulai tertarik makna apa di dalam acara ini. O, rupanya Uya ingin menyajikan sulap di luar apakem yang ada.

Seperti yang kita ketahui, sulap identik dengan suasana menyeramkan, gelap, tegang, dengan nuansa warna hitam menebar di mana-mana.

Namun bagi Uya, hal ini dibalik. Dalam shoy-nya Uya selalu menampilkan sulap yang kocak, rileks, penuh tawa, dan nuansa cerah.

Bahkan, bila banyak pesulap bangga wajah kejam dengan jubah hitap kebanggaannya, Uya menampilkan sisi lain; wajah memble (lucu) dan pakaian warna pink.

hasilnya, toh tak mengilangkan wibawa sulap itu sendiri. bahkan lama-kelamaan, orang bisa mengerti bahwa sulap itu adalah science, bukan magic. Dan semua orang bisa melakukannya, tak perlu bertampang sangar, mata melotot yang dibuat-buat, dan tak perlu berbaju hitam.

Tidak ada komentar: