Minggu, 04 Januari 2009

Anti-Indonesia

Baru saja saya mengupas akan blog yang menjelek-jelekkan Trans Corp, kini sudah ada lagi yang serupa. Bedanya, yang jadi sasaran adalah Indonesia.

Dalam blog yang beralamat di http://kamiantiindon.blogspot.com/ itu, terulas kebencian dia sebagai orang Malaysia kepada orang Indonesia yang mereka sebut sebagai “Indon” itu. Banyak artikel yang disajikan, semua tentang komentar negatif akan negeri ini.

Logo pariwisata pun tak lepas jadi sasaran. Visit Indonesia, jadi "Dont Visit Indonsial", bahkan Celebrating 100 Year Awakening Nation menjadi "Celebrating 100 Year Terorrist Nation"

Di dalamnya juga ada nuansa rasis, dengan menyeru agar orang Melayu di Sumatera dan Kalimantan bangkit menentang kooptasi Jawa. Karena dia menilai Indonesia itu = Jawa.

Tak cukup hanya itu, lambang-lambang kegarapun dilecehkan. Misalkan, gambar pancasila yang disandingkan dengan babi, atau gambar Presiden SBY yang hidungnya dibuat meleleh hingga menyerupai burung betet.

Respon mengecam pun deras datang. Ada yang bijak dengan meminta agar tak ada yang terpancing blog yang hanya ingin mengandu domba Malaysia dan Indonesia ini. Namun, ada yang tidak.

Bahkan ada yang masih mengidentikkan Malaysia itu dengan Melayu, sehingga responnya malah menghujat orang Melayu. Padahal, Malaysia tak sepenuhnya Melayu, lagupun Melayu adalah salah satu suku di Indonesia juga.

Namun si blogger tak bergeming.


Please, open mind.

Tidak ada komentar: