Jumat, 11 Juli 2008

Carnaval Mall yang Hilang (1)

Carnaval Mall. Siapa yang tak kenal mall modern yang pertama kali berdiri di Batam Center ini. Dulu saat orang malas bermukim di Batam Center, mall ini sudah ada, meski terseok-seok mengalahkan sentra bisnis kejayaan Nagoya dan Jodoh, namun mall ini cukup berhasil menjadi magnet agar penduduk beralih dari dua kawasan tersebut.

Seperti diketahui, di awal-awal perkembangannya dulu sentra bisnis Batam hanya berada di Nagoya dan Jodoh. Di sini berdiri mall megah (kala itu) bernama Nagoya Lucky Plaza. Namanya diambil dari nama mall di Singapura.

Tak hanya itu, kantor pusat bank-bank besar juga berdiri di kawasan ini, seperti BCA (Jodoh) dan Bank Mandiri (Nagoya). Bahkan restoran cepat saji pun sekelas Mc Donald dan KFC, bermula dari sini.

Batam Center saat itu hanya didiami kantor Otorita Batam dan Pemko Batam. Gedung DPRD masih belum ada. Tak banyak orang mau bermukim di sini, sehingga tak heran Sijori Pos pada Desember 1999 menulis, beberapa perumahan sekelas Rosedale, Citra Batam, hingga Duta Mas yang kini menjadi perumahan elit, menjadi rumah ‘’hantu”, akibat tak ada yang membeli.

Terpusatnya sentra bisnis di Nagoya dan Jodoh, membuat penumpukan penduduk di kedua daerah itu. Hingga akhirnya, Otorita Batam memiliki gagasan untuk memindahkan ‘’kepala naga” tersebut ke Batam Center. Salah satunya dengan mendirikan mall, dan terakhir pelabuhan internasional.

Maka menjelmalah Carnavall Mall. Di lantai 3 mall ini, berdiam toko serba ada yang bernama My Mart. Akhirnya nama My Mart lebih lekat disebut, daripada Carnavall Mall itu sendiri.

Di awal 2000-an dulu, mall ini kerap menjadi ajang ngeceng anak-anak muda Batam, layaknya Lintas Melawai, di Jakarta . Tiap sore di pelataran parkirnya, sering ada atraksi sekumpulan anak muda ber skate board hingga basket.

Masuk ke dalam, udara dingin AC central dan alunan m,usik top 40 kala itu langsung menyergap. Di hall mall ini terdapat mesin ATM BII, berdiri gerai-gerai kerajinan tangan hingga agen talent yang katanya mampu mengorbitkan menjadi artis ibukota. Di sebelahnya ada wahana permainan anak-anak, dan kafe.

Tidak ada komentar: