Sabtu, 21 Juni 2008

Kambing Instan untuk Aqiqah

Di Batam banyak jasa yang menyediakan hidangan prasmanan siap saji untuk Aqiqah. Dengan demikian, warga tak lagi susah payah untuk mencari kambing, menyembelih, memasak, dan membuat satenya. Semua akan disajikan segera.

Salah satunya yang menggeluti bisnis ini adalah Kang Kasab, warga Bengkong Permai. Saking terkenalnya, warga setempat lebih mengenalnya dengan sebutan ''Haji Kambing'' dari pada nama aslinya.

Di lahan seluas 95 meter persegi yang berada di sebelah rumahnya, dia sulap menjadi kandang kambing. ''Kambing-kambing ini banyak didatangkan dari Jambi,'' jelas kakek dengan banyak cucu ini.

Bagi yang berminat, biasanya pembeli memilih dulu kambing yang diinginkan. Harganya antara Rp900 ribu hingga Rp1,3 juta. Tergantung besar kambing.

Untuk urusan memasak dia serahkan pada sang istri. Ongkosnya Rp400 ribu perkambing. ''Biasanya tulangnya digule dan dagingnya disate. Satu kambing ukuran sedang bisa menghasilkan 400 tusuk,'' jelasnya.

Seiring permintaan, Kang Kasab menambah lagi varian menunya, berupa tongseng kambing. ''Ini dibuat dari jeroannya. Ongkosnya tak mahal, cukup menambah Rp50 ribu saja untuk beli bumbu,'' jelasnya.

Kini, hampir tiap minggu lelaki asal Madura ini selalu kebanjiran pesanan. Karena pelayanannya, nama Kang Kasab kini sudah luas terkenal di Batam. Tak hanya sekitar Batam Center saja, tapi sudah merambah Nongsa dan Batuaji.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mas tolong dong no telp pak haji kambing itu.. tolong ya mas
thanks..

vivin mengatakan...

Pak.bisa minta alamat dan kontaknya Pak Haji Kasab ? Please email k v.andraini@gmail.com.
terimakasih

rahmat mengatakan...

saya minta tolong di kirim no telp/alamatnya pak haji Kasab ya mas...tolong ya mas...terima kasih sebelumnya..tolong email ke (rahmat.pembelajar@yahoo.co.id)