Minggu, 29 Juni 2008

Jalan Raya Batam Center Kian Buas


Jalan raya di Batam Center kian tak bersahabat. Sesama pengendara saling terkam, bak gerungan serigala yang siap menerkam. Korban jiwa, baik yang luka hingga meninggal kian menumpuk saja.

Sejauh pengamatan, jalur ''merah'' rawan kecelakaan tersebut terjadi di ruas jalan Laksamana Bintan, tepatnya antara Simpang Frengki menuju Gelael. Di sini titik rawannya adalah, dekat pasar Mitra Raya, Marchelia, dan Orchard Suite.

Selain itu, antara Simpang Frengki menuju Simpang Kabil. Di sini titik rawannya adalah dekat Perumahan Dutamas.

Di titik tersebut, dalam seminggu ini saya sudah menyaksikan 5 kecelakaan. Pertama dan kedua terjadi di depan Orchard Suite (antara motor dan motor, korbannya luka parah), depan Marchelia (antara motor dan motor korbannya gegar otak akhirnya meninggal), depan Mako Lantamal (antara truk dan motor penegndara motor luka parah, kendaraan hancur)

Di depan Pasar Mitra Raya (antara motor dan metrotrans, pengendara motor sekarat. Kakinya patah, telapaknya menggantung hampir putus)dan terakhir di samping perumahan duta mas, antara motor dan metrotrans (Pengendara motor gegar otak).

Ini baru kecelakaan yang berat, belum lagi yang terserempet dan lainnya. Kalau dilihat, mayoritas korbannya adalah penegndara motor. Penyebab semua ini, adalah pengemudi yang ugal-ugalan, kejar setoran dan ditunjang bentuk jalan, khusus di jalan Laksamana Bintan, yang lapang dan luas sehingga merangsang untuk ngebut.

Penyebab lain, minimnya rambu, marka jalan serta banyaknya belokan langsung menuju tempat keramaian dan perumahan. Hal ini tampak dekat Pasar Mitra Raya, Marchelia, Orchard Suite, dan Duta Mas.

Tak ada batas jalan menuju ke sana, sehingga pengguna jalan yang berlawanan arah bisa langsung memutar kendaraan. Inilah yang kebanyakan membuat celaka.

''Mestinya DLLAJR tanggap soal ini, sehingga tak selalu terjadi korban jiwa,'' jelas Lilik, ketua RW Orchard Suite. Seperti diketahui, jumlah kecelakaan di depan komplek ini paling tingi. (baca juga link berita terkait, ''Kecelakaan di Orchard Suite'').

-------------
Foto: Tabrakan antara sepeda motor dan angkutan kota belum lama ini.

Tidak ada komentar: