Rabu, 18 Juni 2008

Rp300 Ribu dari Telkomsel


Sudah seminggu ini, Telkomsel menyelenggarakan sayembara menulis bagi wartawan. Topiknya tentang Telkomsel, tentu saja soal keunggulannya. Hadiahnya cukup menggiurkan juara pertama Rp13 juta.

Dari semua ini yang paling menarik adalah, semua tulisan yang tampil di koran akan diganjar Rp300 ribu.

Tak ayal, setiap hari dan hampir di setiap sesi, ada saja tulisan tentang telkomsel. Ada berbentuk feature, hingga berita langsung. Kadang, penulisnya itu-itu saja dan materi tulisannya ala kadarnya, asal sanjung, titik. Maklum, untuk nulis di koran sendiri hampir tak memerlukan kontrol ketat. Kan orang sendiri.

Makin banyak tulisan tampil, maka bisa dihitung aja rezeki yang didapat penulisnya. Tinggal kalikan Rp300 ribu saja.

Sedangkan bagi telkomsel sendiri, keuntungan yang didapat lebih banyak lagi. Dengan mengeluarkan dana Rp300 ribu, mereka bisa menghemat ongkos advetorial yang sekali tayang bisa mencapai Rp5 jutaan.

Yang dirugikan di sini adalah konsumen. Sebab, mereka tak bisa lagi membedakan mana bacaan iklan dan mana bacaan berita murni. Sebab, tak ada pembedaan sama sekali

Apakah Telkomsel bersalah? Tentu tidak. Namun mestinya media harus lebih cerdas lagi menyikapi hal ini. Sebagai servis untuk pemasang iklan terbesar, itu tentu boleh-boleh saja, namun isi dan kredibilitas media mestilah tetap dijaga.

Caranya, bisa dengan membatasi si penulis atau menyensor ketat tulisan si penulis, sehingga tak semua berita sanjungan bisa tayang. Dengan demikian, bisa tetap membuat media itu sendiri berwibawa.

Cara lain, bisa membuat kolom khusus di satu halaman saja yang beda dengan berita murni, atau jenis huruf (font) yang dipakai di tulisan sayembara Telkomsel ini dibedakan dengan berita murni.

Dengan demikian, pembaca bisa membedakan bahwa ini hanyalah berita pesanan saja, jadi tak harus merasa dirugikan. Wibawa koran pun terselamatkan.

1 komentar:

budak ghaghang dari baturijal mengatakan...

Ha.. ha.. ha.., Telkomsel ketawa, perusahaan koran rugi. Moga, managemen cepat sadar, ...