Minggu, 29 Juni 2008

Panbill Mall

Selain beberapa mall mentereng, Batam juga mempunyai Panbil Mall di Mukakuning. Berbeda dengan pendahulunya, mall ini didirikan untuk membidik kalangan menengah bawah, umumnya para buruh di kawasan industri Mukakuning.

Minggu kemarin, saya sempat berkunjung ke mall ini. Setelah tiga tahun, banyak juga perubahannya. Namun tetap ramai oleh para buruh.

Konsep mall ini dibuat cukup apik. Di sekelilingnya dibangun ruko-ruko yang menjual aneka jasa dan kebutuhan, baju, mulai perabot, makanan dan bank.

Bangunan intinya juga berdagang yang sama (keburtuhan dan jasa). Bedanya, kalau di bangunan inti semuanya terpadu, sehingga memudahkan pengunjung. Beda dengan di luar, yang letaknya terpencar-pencar.

Selain itu, di hall mall ini sering digelar iven seni. Di hari Minggu, kemarin giliran Batam TV menggelar acara final lomba karaoke cap Enak. Saya lihat, mulai pagi krew televisi swasta di Batam ini, mulai mengatur kursi dan panggung.

Masih di hall itu juga, masih ditempati pameran sepeda motor dan aneka jualan karajinan tangan. Di sisi-sinya banyak gerai penjual emas, arloji hingga toserba Ramayana.

Sedangkan di lantai II, ditempti penjual busana. Yang paling dominan saya lihat adalah SHM. Toko busana yang mengusung motto raja diskon ini, sampai membuka empat gerai di tempat strategis, dekat tangga.

Namun, ada yang berubah. Di lntai III sudah tak lagi ditempati rumah billyar dan restoran Thainland. Mereka sudah tutup. Padahal dulu, untuk resto Rhailand, ramai ekspatriat datang. menu khasnya adalah tom yam dan steambooth.

Eits... hati-hati, Anda harus menghabiskan makanan di sini. Sebab, jika ada sisa akan dikenakan biaya tambahan!

Tidak ada komentar: