Selasa, 02 September 2008

(Blog Saya) berubah! (2)

”Begitu orang-orang pandai di CT berinovasi. Inovasi teknologi terkini terus ditingkatkan, untuk dapat berkompetisi secara global.” demikian kutipan tulisan yang terbit di Batam Pos itu.

Adapun inovasi yang dilakukan Kris sejak dari awal membesarkan Citra Tubindo itu terjadi ketika dia bersama timnya berangkat ke Sumitomo, Jepang untuk belajar teknologi peralatan pengeboran minyak lepas pantai.

Setelah itu, masih tahun 1980-an , Kris, juga mendatangkan tenaga ahli dari Amerika untuk bergabung dengan PT Citra Tubindo, mentransfer ilmu dan teknologi buat orang-orang teknik di sana. Upaya ini adalah bagian dari strategi manajemen ”empat peran kepemimpinan’’ yang dilakukan Kris.

Sebagai perintis, dia, meletakkan visi perusahaan. Kemudian, meng-create idea, create dream, share lalu action. Sedangkan sebagai penyelaras, dia mendudukkan sistem yang baik. Konsep pemberdaya, Kris, tidak segan memboyong karyawannya untuk belajar dengan orang lain(ahli asing). Sebagai panutan, dia memberi contoh yang baik, ditularkan kepada seluruh direksi dan manajernya. Dia pun tak jarang turun ke lapangan.

Memang (sekali lagi) perubahan yang terkonsep itu perlu. Karena tak bisa dipungkiri lagi, saat ini manusia telah masuk ke zaman multy choices.

Basu Swasta dalam ilmu pengantar Ekonomi-nya juga sempat mengulas akan hal ini. Dia menulis, masyarakat cenderung suka akan kebaruan (sesuatu yang baru). Karenanya, setiap produk jika mau tetap eksis harus selalu menyajikan inovasi baru baik di kemasan maupun formulanya.

Makanya tak heran jika dulu Sunslik selalu identik dengan syampo urang aring, kini memecah lebih banyak lagi, bahkan ada syampo yang rasa strawberry segala. Hal ini juga tak hanya ditemui di produk rumah tangga seperti deterjen dan sejenisnya, juga merambah pada bidang elektronik dan otomotif, semisal handphone hingga kendaraan bermotor.

Lihatlah bagaimana pesatnya inovasi kendaraan bermotor saat ini. Hampir selalu mereka berubah dan berinovasi. Namun tetap terkonsep dan selalu ada di jalurnya. Karena sehebat apapun mereka berubah dan berinovasi, mereka takkan mungkin memindah letak spion ke velg. Tentu itu konyol.

Inilah pula alasan saya mengubah tampilan blog ini. Supaya tak bosan aja.

Tidak ada komentar: