Rabu, 17 September 2008

Celoteh Ramadan (16)

Tak terasa ramadan sudah menginjak malam terakhir. Warga kampung pun mulai menata banyak persiapan mulai merias rumah, belanja baju baru dan kuih muih.

Tak ayal angka kehadiran salat tarawih berjamaah di musala kampung menurun drastis. Tuk Mamat, sang imam pun resah melihat makin lama jamaah tarawihnya makin susut.

Jika malam-malam pertama shaf dipenuhi oleh beragam kalangan dan usia, kini yang tinggal hanya segelintir saja. Itupun didominasi golongan lanjut usia yang osteoporosis.

Kawan seiring Cik Minah saat tarawih pun, macam Cik Mamah dan Cik Titi sudah jarang kelihatan lagi.

Jadilah Cik Minah kini sendirian saat berangkat ke musala. “Semue dah ke mall, lah,” gerutu Cik Minah.”

Sebenarnya, Cik Amat dan Cik Minah ingin juga berangkat ke mall. Ya, meski tak belanja, minimal lihat-lihat saja. Namun tak enak pada Tuk Mamat, imam di kampung itu. Apalagi kini jamaah sudah menipis.

Namun, malam itu keinginan mereka ke mall akan terlaksana. Ini terjadi setelah saat ke musala, Tuk Mamat izin tak bisa jadi imam, karena ada keperluan. Dia pun menyiapkan pengganti, yaitu Rahman, anaknya sebagai imam.

Karena itulah, Cik Amat memutuskan tak ikut tarawih lalu mengajak istrinya pulang. “Saye tak kuat ikut makmum Rahman. Lambat sangat lah,” keluhnya.

Dalam perjalanan pulang itulah, Cik Amat terpikir untuk main ke mall yang selama ini selalu tertunda. Cik Minah pun setuju. “Ayo berangkaaaat,” aba-abanya.

Akhirnya sampai juga mereka di mall. Cik Minah pun gembira, rupanya dia tak bisa menyembunyikan sikap noraknya. Apa saja ditunjuk.

“Alamaaakkk, elok sangat ye bang. Cube tengok tu Bang Itu orang ape anak patung? Dari tadi berdiri saje tak bergerak lah,” teriaknya, sehingga menarik perhatian orang sekitar.

“Husss, jage sikap engkau Minah. Malu kite ni. Itu namanye manekin!” jelas Cik Amat.

Yang lebih norak saat Cik Minah mau lewat tangga berjalan. Kakinya gemetar, langkahnya lama tertahan sehingga membuat antrean panjang pengunjung mall.

“Saye takut lah Bang.”

“Cubelah, nanti engkau bisa. Ayolah saye bimbing,” ajak Cik Amat. Akhirnya Cik Minah bisa juga. Tapi, dia masih ketakutan, tangannya terpatri erat di pinggang Cik Amat matanya terpejam tak berani lihat ke bawah.

Di lantai atas itu, Cik Amat melihat diskon aneka dompet. Teringatlah dia akan dompetnya yang sudah lusuh dan robek di kiri-kanannya.

“Ini dari kulit asli Pak, yang ini dari kulit kayu. Semua diskon 30 persen Pak, jadi yang kulit sekitar Rp250 ribu yang kayu Cuma Rp120 ribu,” jelas penjaganya.
“Abang nak dompet ke? Ape Abang ada duit?”

“Tak lah Minah. Saye sekadar tengok saje. Tak kuat saye lihat harganye. Lagipun, buat ape dompet cantik, duitnya juga tak ade. Paling hanye diisi Rp1000-an saje same KTP SIAK,” jelasnya sambil berlalu.

Saat itulah mata mereka terpaut pada sesosok lelaki yang berdiri dua stan di depannya.

“Saye rase kenal Bang. Itu Tuk Mamat,” bisik Cik Minah. Penasaran merekapun mendekat. Ternyata dugaan mereka benar.

“Hei Tuk, orang cakap Atuk ade keperluan, rupanye ke mall juge?”

Kontan Tuk Mamat salah tingkah, “Ssssttt…jangan kuat sangat Minah. Saye nak beli sarung dan baju takwa.”

“Ha ha ha, rupnye Atuk tak tahan juge nak lihat mall, ha ha ha…” goda Cik Amat menimpali.

“Ah, tak adelah Mat. Tolonglah Mat, jangan bilang orang kampung. Tak enak saye,” pinta Tuk Mamat.

Tidak ada komentar: