Kamis, 04 September 2008

Celoteh Ramadan (4)

Ramdan jelang. Suraupun ramai. Biase lah, di sepuloh malam pertama mulai budak-budah sampai atuk-atuk pun datang. Namun ketika sudah nak jelang lebaran, sudah kosong, pindah belanje ke mall.

Tak terkecuali di kampong Cik Minah. Tokoh kite ni pon tak melewatkan keriaan tarawih. Die memilih tarawih di surau kampong, “Tak payah tarawih jauh jauh lah. Allah taala itu dekat saje pun,” ujarnya menirukan kata-kata khotbah ustad di pengajian.

Meski sudah memasuki zaman moderen, namun surau Cik Minah tetaplah terbuat dari kayu. Bentuknya mirip rumah panggung. Untuk ke sana harus naik tangga kayu dulu.

Imam rutin di surau Cik Minah ini adalah Tuk Mamat. Jika di hari-hari biase Tuk Mamat jadi imam pada Maghrib dan Isya saja, saat Ramadan ini frekuensinya ditingkatkan, hingga jadi imam saat Subuh.

Tarawih di surau ini memakai 23 rakaat. Namun, tetap laju. Maklum, Tuk Mamat sangatlah mahir membaca ayat-ayat dengan cepat. Al Fatihah saja mampu dibaca hanya dalam hitungan detik.

Namun tarawih malam tu, jadi berbeda bagi Cik Minah dan jamaah lain. Rahman, ponakan Tuk Mamat yang baru datang mondok, diminta jadi imam.

”Ehm... Dah saatnya yang muda yang mimpin. Mihrab ini terlalu agung jika hanya dipercayakan pada yang tue saje,” begitu sambutan Tuk Mamat, persis iklan Rizal Mallarangeng.

Selanjutnya Rahman bersiap takbir. ”Di sini berapa rekaat?”

”Due tige….” Jawab jamaah serentak.

Rupanya, Rahman sangat tumakninah, jadilah tarawih berjalan lambat, sehingga baru menginjak rekaat ke 8 banyak yang sudah tak ikot. Ada beralasan panas, sambil kipas-kipas lalu hilang.

Hingga akhirnya jamaahnya tinggal separuh. “Ampun, tak kuat lagi saye. Osteoporosis,” jelas Cik Minah menebar alasan pada jamaah sebelahnya.

”Alah Mak, bile sampai kalau begini. Sedap lagi Tuk Mamat yang imam. Bisa laju, macam pompong ke Belakangpadang. Sekejap saje sampai. Ini lambat sangat, macam kapal layar,''bisik Cik Mamah, rekan sebelah kanan Tuk Minah.

“Hei sudah lah Mamah, tak payah engkau mengeluh. Namanye juge tarawih, ya tumakninah,” balas Cik Titi, rekan sebelah kiri Tuk Minah.

”Kalau sanggup, apa pasal awak berhenti?”

”Ini lain, saye kekenyangan berbuka lontong sayur. Jadi ngantoook saje,” jawab Cik Titi.

Singkat kata, setelah pagi menjelang, pasal imam ini masih menjadi obrolan ramai. Warga kampong pun terlibat pro kontra.

Hingga akhirnya obrolan ini sampai ke telinga Tuk Mamat. “Supaye menjaga suasana tetap kondusif, saye dah ambil keputusan, kembali jadi Imam,” tegasnya di depan warga.

Merekapun senang.

Tidak ada komentar: