Sabtu, 11 Desember 2010

Anak Emas

Kita bisa lakukan sesuatu untuk perbaiki bangsa ini, dengan ajarkan anak-anak kita pelajaran tanggung jawab. Untuk KPAID, hati2 menanggapi laporan orang tua bila anaknya dihukum oleh guru, karena tak semua hukuman itu penyiksaan. Bisa jadi itu untuk membuat mental anak2 kuat dan bertanggung jawab!

Indry Bambang, Cipi Ckandina, Massri Yanto dan 3 lainnya menyukai ini.

Salah satu pelajaran wajib yg harus diberikan keluarga & sekolah adalah tanggung jawab. Jed revolutia menulis, negeri kacau krn banyak yg tidak bertanggungjawab.

Karena selalu diselamatkan oleh keluarga senantiasa & tidak pernah dihukum, akhirnya si anak tumbuh tidak ngerti tanggung jawab. Hal ini akan berdampak buruk bagi masa depan anak itu sendiri, dirinya sulit dipercaya karena tidak bertanggung jawab.

Mengapa tega hukum anak sendiri? Ya, anak harus belajar justice dr kecil & tdak ada favoritism. Dia gak bisa lepas dari hukuman kalau langgar. tapi hukumannya tetap harus mendidik.

Penegakan hukum d negeri ini rancu krn penguasa main favoritism (anak emas-anak emasan)dan tidak tega menghukum org2 yg mereka sayangi. Justice diabaikan, trust hilang.

anak emas2an ini juga merambah ke luar rumah. kantor2 sampai rumah tahanan. Coba perhatikan bagaimana perlakuan terhadap koruptor itu? Krn koruptor disayang semua orang dari sipir penjara, akibatnya korupsi bertambah krn Govt ga ajarkan tanggungjawab

Hukuman buat anak pun harus adil. Harus ada kesepakatan tertulis sebelumnya. Anak pun berhak bela diri jika merasa tidak melanggar. Yg paling penting anak harus ngerti knp dia dapat hukuman. Setelah ada kesepahaman bersama, maka hukuman harus dijalankan demi tanggungjawab

Orang tua pun juga tidak kebal hukum. Mereka harus tunjukan bahwa mereka pun bertanggungjawab kalau mereka salah. Pelajaran berharga. (curhat nih ye...)

Hal2 kecil seperti ini yg diabaikan banyak keluarga di Indo, akibatkan masyarakat yg tdk patuh hukum krn hukum slalu bisa dinegosiasikan. Semua tidak merasakan fairness. Ortu yg pilih kasih, guru kasih nilai gak fair, boss yg gak fair, hingga pengadilan yg gak fair.

Salah satu yg bs dicoba ialah communal punishment. Jadi 1 salah, semua kena hukuman. Ini bagus untuk ajarkan konsekuensi kesalahan.

Tidak ada komentar: