Minggu, 12 Desember 2010

Hancurnya Keragaman Hayati

Kebakaran hutan di Riau membikin negara tetangga khawatir. Kabut asap mulai merambah singapura. Sore tadi saya menyaksikan siaran langsung Channel News Asia (TV Singapura) dg pejabat kehutanan. Di Batam, sudah berhari2 ini diselimuti kabut asap. Saya udah kena batuk, nih.
22 Oktober jam 20:09
Rafa Al BadrunNur Cahayabulanpurnama, Erica Gilda Simanjuntak, dan Princess Dwie menyukai ini.

Terbakarnya hutan ini, kian memperparah deforrestasi di Indonesia. Lingkungan kita rusak. belum laghi bahaya banjir mengintai. Buku Emil Salim mengupas; Setiap m2 pertambahan bangunan dan konversi lahan hutan, berkontribusi langsung kpd peningkatan risiko banjir bandang. There are trade offs.

Banjir bandang kembali memakan korban. Dan sungaipun menjadi menakutkan. Bukan salah sungai kalau daerah hulu sudah gundul tertutup beton. Tak hanya hutan, kita juga mahir merusak bakau. Konversi satu hektar mangrove mjd tambak akan menamba...h produksi 247kg ikan/th, tetapi mengurangi produksi perikanan tangkap 840kg ikan/th.

Hanya sepertiga terumbu karang & mangrove Indonesia kondisinya baik; sisanya rusak, bahkan rusak parah. Kekayaan alam kita: mitos belaka?

Tak hanya itu, kita juga piawai menghancurkan keanekaragaman hayati. bio deversity inilah yg menjadi lab terbesar. Dari sinilah banyak ditemukan obat-obatan. Pernah tahu, bahwa obat jantung itu ditemukan secara tak sengaja oleh orang jepang dari jamur yg menempel di sebuah patung di Bali?

Masih ingat, dulu kalau sakit, saya tak pernah minum bodrexin, namun cukup diasapi dg rempah2 dan rumput2an. Kini cara2 seperti tiu udah tak ada lagi. Banyak yg bilang, karena bahan pembuatnya udah banyak lenyap. Lingkungan hancur. Bio diversity lenyap.

Hotradero, periset, dalam sebuah catatan menulis: masa depan medis ada di keaneka ragaman hayati. Dialalu mencontohkan kisah penemuan antibiotik pertama Penisilin, yang secara tdk sengaja. Saat itu, Alexander Fleming kelupaan meninggalkan laboratoriumnya (yg berantakan) saat liburan musim panas.

Rupanya, sampel lab-nya dikerubungi jamur. Salah satu sampel berisi bakteri staphylococcus. Di sampel yg dikerubungi jamur ini - bakteri pada mati. Jamur bisa membunuh bakteri.

Jamur yg kemudian bisa membunuh bakteri itu - ada jenis Penicil...lium. Hidup di roti yg kebetulan ditinggalkan Alexander Fleming.

Jamur Penicillium bisa menghasilkan zat Penicillin yg mampu menghancurkan dinding sel bakteri - hingga bakteri terbunuh. Dari penemuan akan Penicillin lah dikenal berbagai zat antibiotik lainnya yg juga berhasil membunuh bakteri. Ini benar2 revolusi medis.

Semua hal besar ini bisa ditemukan di biodeversity. Sayangnya, Indonesia dalam posisi memalukan - karena menjadi penghancur hutan tropis terbanyak & tercepat di dunia.

Biodiversity jg ikut hancur. Bisa saja obat2 utk kanker, parkinson, alzheimer, dll., sebenarnya sudah tersedia di alam - tp sumbernya kita hancurkan begitu saja.

Alba Fatiya Natasha: Wah cik nulis banyak ya?

Riza Fahlevi: yes... i just obset. this haze has spread desease... you know, to night the moon also turn red & dark ....

Alba Fatiya Natasha: Aha oh yea ...

Riza Fahlevi: frm now, i banned regalia to play ground... i worried, these XXXX haze disturb her throat....

Alba Fatiya Natasha: Awwww, wat a nice dad, lol jks, of course ur a nice dad :D she is only... How old is she? :/

Riza Fahlevi: 2 and a half years old... to day, i made her a passport... maybe some time we can go to perth, after you... he he he *wish**

Alba Fatiya Natasha: Awesome!!!!! *hi fives* i hope u guys can come 2, i really wanna c her, did u c da note i did 2day? Its for the ppl i miss n da ppl i want 2 meet x)

Riza Fahlevi: oh... glad see you in flame again... keep spirit mi niece

Alba Fatiya Natasha: xD ohhhhh, ill try cik :) but if u n ur fam comes 2 perth, ill b real real real real real real real reallllllyyyyyyy happy B)

Riza Fahlevi: just make a wish, Alba, may God hear it...

Alba Fatiya Natasha: *wishing rite now* i hope it comes tru :D

Tidak ada komentar: