Sabtu, 11 Desember 2010

Kiswah si Baju Kakbah

Yg menarik saat musim haji adalah, melihat baju baru ka'bah atau disebut kiswah. Tiap tahun desainnya selalu baru, meski gunanya sama: untuk melindungi dari debu dan panas. Harga kiswah ini Rp50 miliar.
05 November jam 15:46 ·
Ridawati Dimasseto, Novi Ratmoko dan 2 orang lainnya menyukai ini.

Harganya mahal, karena terbuat dari bahan 100 persen sutra murni, emas, dan perak.Dengan Ka'bah setinggi 14 meter, berat sutra yang digunakan 670 kg. Sedangkan untuk hiasannya yang berupa pintalan benang emas, dibutuhkan 120 kg emas dan puluhan KG benang perak.

Layaknya baju, kiswah juga melibatkan disainer top dg 240 tenaga ahli. Mereka lah yg bekerja mulai dari perencanaan, pembuatan gambar prototipe kaligrafi, pencucian benang sutra, perajutan kain dasar, pembuatan benang dari berkilo-kilo emas murni dan perak hingga pada pemintalan kaligrafi dari benang emas maupun perak.

Awal mula kiswah tak berwarna hitam. Yang pertama dibuat di Yaman, berupa kain tenun merah berlajur-lajur. Sedangkan pada masa Khalifah Mamun ar-Rasyid, warna dasarnya putih. Kiswah juga pernah berwarna hijau atas perintah Khalifah An-Nasir dari Bani Abbasiyah (sekitar abad ke-16 M).

Bahkan pernah dibuat berwarna kuning atas perintah Muhammad ibnu Sabaktakin (Dinasti Abassiyah). Namun, sejak Kalifah al-Mamun dari Dinasti Abbasiyah berkuasa, diputuskan bahwa kiswah tetap berwarna hitam. Hingga saat ini.

Novi Ratmoko: mahal bener ya biayannya

Riza Fahlevi: ya novi, saya udah jelasin di atas tadi... Tapi bagi saudi, itu mah kecil... di sana mobil bently aja hanya jadi mainan tukang sayur...

Dulu kiswah yang dibuat dari kain sutra Khuz ini. memang tak dibuat di arab, tapi impor dari Mesir dan Yaman. Ini terjadi di era Khalifah ke-4 al-Mahdi (Abbassiyah).

Hingga kemudian, tradisi impor ini terhenti, di era perang dunia I. Saat itu transportasi dari mesir terhambat (dulu kiswah dibawa bersama rombongan jamaah haji mesir). Akhirnya Raja Abdul Asus bin Saud (pendiri Kerajaan Arab Saudi) membikin sendiri kiswah.

Saat itu, pabrik kiswah dibangun di Kawasan Ummul Jud, Makkah, yang kini merupakan kawasan elite. Saat ini, luas pabrik kiswah mencapai 10 ribu meter persegi.Di pabrik tersebut, pembuatan kiswah dilakukan dengan menggunakan mesin tenun modern.

Hanya satu yg tak berubah, pemasangan kiswah pada Ka'bah menjadi tanggung jawab masyarakat Arab dari suku Quraisy. Hal ini terjadi pada masa Qusay ibnu Kilab, salah seorang leluhur Nabi Muhammad. Sejarah mencatat: Rasulullah pernah memasang kiswah ke Ka'bah. Kebiasaan ini kemudian diteruskan oleh para khalifah selanjutnya.

Lalu kemana kiswah setelah setahun dipakai? Biasanya akan disimpan di museum. Kadang juga raja memberikan potongan2 kiswah pada tamu2nya. Ada juga tradisi, raja akan mengajak tamu2nya masuk ke ka'bah, saat kiswah akan dipasang. Biasanya tepat di bulan Dzulhijjah...

Tidak ada komentar: