Sabtu, 11 Desember 2010

Mekah

Tulisan kaki koran hari ini sangat menarik. Kota mekah yg kian moderen, lengkap jam raksasa dan monorel. Kesan Ibadah haji yg lelah dan panas udah tak ada lagi.
04 November jam 14:18
Ridawati Dimasseto dan Novi Ratmoko menyukai ini.

Dewi Mustami'ah: Justru iku jadi renungan. Di dunia ini dipermudah, apakah ini mempermudah jg jl akhirat? Kalau di Makah Madinah sblm masjid ada mall besar, rasanya semakin dekat aja hr akhir

Riza Fahlevi: Novi, aku janji nulis mekah ya. Oke. Saya mulai. Kaum muslim meyakini Mekah sbg pusat bumi. Tempat yg pertama kali diciptakan di bumi. Adam & hawa dipertemukan di mekah. Dalam alquran mekah disebut bakka, asal bakkata yg berarti dataran rendah. Jadi jangan heran bila mekah kerap banjir.

Banjir tahun 1949 sempat merendam seperempat tinggi kakbah. Yg terburuk, saat nabi berumur 30an. Banjir bikin hajarul aswad tercabut. Pecah keributan antarsuku yg berebut meletakkan hajar aswad. Namun diatasi oleh nabi.

Kakbah dibangun nabi ibrahim. Batunya diangkut dari mesir & lebanon. Ibrahim sempat mengeluh akan gersangnya mekah saat baru tiba. Untung keluar air zam zam.

Setelah ada kakbah, kota mekah kian maju dan ramai oleh aktivitas haji. Niaga kian maju. perdagangan di hijaz yg semula berpusat di yaman, ganti ke mekah. Hal ini membuat abrahah marah, diam akan hancurkan kakbah namun gagal oleh serangan ababil.

Sumur Air zamzam sendiri sempat hilang bertahun2. Hingga akhirnya ditemukan abdul muttalib, tersembunyi di bawah peralatan perang. Abdul muttalib kian disegani. Tugasnya saat itu memang lebih banyak mengurus keperluan haji.

Kota mekah sendiri sempat dikelola beberapa suku. Namun hanya suku yg mampu yg akan bertahan. Yg tak mampu akan mundur. Maklumlah mekah kota dagang. Penduduknya sangat individual. Beda dg yatsrib (madinah), kota agraris, penduduknya sangat ramah dan gotong royong.

Hingga kejayaan islam, nabi menjadikan kota mekah pusat keagamaan. Sedang madinah jadi pusat politik. Artinya, nabi sudah memisahkan antara agama dan politik.

Ali Usfa: Ah,siapa bilang ibadah haji terkesan lelah dan panas,buktinya banyak org yg sdh haji msh pengen kesana lagi bahkan ada yg ber kali2.

Riza Fahlevi: he he he... nabi aja hanya sekali ya... he he he...oh ya di mekah ada jabal rahmah, tempat bertemunya adam dan hawa setelah diturunkan ke bumi

Tidak ada komentar: