Senin, 13 Desember 2010

Nasruddin Hoja

Selain abu nawas, dunia juga mengenal sufi Nasruddin Hoja. Dia berasal dari Konya, Turki, sedaerah dg sufi Jalaluddin Rumi. Saya kenal cerita2 Nasruddin sejak SMP.
09 Oktober jam 21:41
R Yusuf Hidayat menyukai ini.

Nasruddin Hoja hidup di awal abad 14-15 (akhir dinasti abbasyah). Lahir di 776H-1372 M, Anatolia, Turki. Wafat Koya, Turki, 838H/1432 M. Nasruddin dikabarkan bermazhab Hanafi.

Berbeda dg Rumi yg terkesan sangat serius, Nasruddin menawarkan jalan kearifan yg jenaka.

Popularitas Nasruddin mulai bersinar memasuki abad 16, karena diangap membawa angin segar bagi masyarakat yg bosan pada segala hal yg formal dan kaku.

Cerita pertama Nasruddin ditemukan dlm Ebu'l-Khayr-i Rumis Saltuk name (1480). Yg menarik anekdot ala Nasruddin tak sekadar humor an sich, namun juga menyimpan kearifan, kaya akan pesan moral dan mencerahkan.

Humor Nasruddin juga memuat perilaku dan jalan ke makam makrifatullah. karena itulah, kisah nasruddin menjadi materi utama dalam pengajian sufi. Juga sarat akan sindiran dan kritik pada tiran dan kekuasaan, ketimpangan sosial dan egoisme.

Nasruddin merupakan simbol keberanian dan ikon Turki. Juga menjadi nama aalah satu kontes kartun tertua di dunia adalah di Turki, yakni Nasrettin Hoca International Cartoon Contest.

Sementara di Kota Ak Shehir menjadikan Nasruddin sebagai kekayaan daerah. Tiap tanggal 5-10 Juli, ada festival internasional tentang Nasruddin Hoja di kota itu.

Meskipun hidup di Turki, Nasruddin Hoja yg berarti "kemenngan kebenaran"juga diklaim di Afghanistan, Iran, dan Usbekistan pengaruhnya juga dikenal sampai dunia Arab.

Di daerah-daerah lain, Nasruddin punya nama yg berbeda. Di Arab Nasreddin Joha, Usbekistan (Nasriddin Affandi), Kazakhstan (Khozanazir), Uygur China (Afanti), Azerbaijan (Molla Zasraddin), bahkan Abania Nostradin Hoxha atau Nostradini.

Tak heran jika patung2nya yg jenaka ditemukan di Bukhara, Tashkent, Uzbekistan. Karena sumbangsihnya yg besar pada dunia, keduanya dapat penghargaan dari UNESCO sebagai tokoh yg ikut memperkaya khasanah kemanusiaan di dunia.

Alba Fatiya Natasha: Cik tau itu semua dari mana?

Riza Fahlevi: i read a book... i build my library on da house... itulah yg diajarkan abah Fuad, dan juga kakek Usman farouk dulu... observe...

Riza Fahlevi: Bagaimana sekolahmu di Australia Alba...

Alba Fatiya Natasha: Good i guess, i miss u too, i wanna c regalia, regalia isnt it? she look so cute

Riza Fahlevi: ye... bigger and bigger

Alba Fatiya Natasha: :'( miss ALL OF YOU

Riza Fahlevi: Thank ya... i will never forget you all too... too many memories that i can miss... alba, the morall i wrote this note about nasruddin is: janganlah kita meremehkan orang, karena orang yg kadang kita pandang remeh, ternyata punya potensi luar baisa hebatnya.

Alba Fatiya Natasha: I... Dont really get it but i am so jealous, i am not smart, but u r older than me so im fine with it :)

Where about r u now, still in batam? I like batam, i like it cos its indonesia, i luv indonesia, i luv my family :)

Riza Fahlevi: oh... so patriotic... yea.. im stil lin batam... and i am fine... just pray, that some day we can meet... just like old time...

R Yusuf Hidayat: seribu satu jalan menuju kearifan..

Riza Fahlevi: @ R Yusuf Hidayat: engghi kak upuk... sejak mengetahui siapa Nasruddin ini, saya sekarang bersumpah tak akan menertawakan dia lagi...

Tidak ada komentar: