Sabtu, 11 Desember 2010

Meletus, Etika, Moral

Ibarat manusia, gunung meletus karena tubuhnya tak kuat lg menahan api. So dont tell volcano kills people. greedy kills the people.
Ridawati Dimasseto, Erica Gilda Simanjuntak, dan 'Eddy Prasetyo' menyukai ini.

Etika dan moral, adalah penyebab orang menahan diri. Etika = yg boleh atau yg tidak boleh. Moral = baik atau buruk bnar salah.

Etika & moral ada di hati nurani. Jadi tak perlu studi banding ke yunani untuk mempelajarinya. Sufi jalaluddin rumi berkata, carilah dalam dirimu maka kau akan dapatkan semuanya.

Jadi etika & moral sebenarnya dibikin untuk menjaga tatanan. Makanya semua tatanan, bahkan agama sekalipun dibangun dari sini. Apa jadinya bila etika & moral tak lg dijaga? It will erupted.

Ledakan ini bisa disebut kritik, chaos, konflik, dll. Orang2 yg anti perubahan & pencerahan akan menghidari wilayah ini. Padahal hal tsb ada karena menuntut adanya penegakan aturan. To reform.

Pada perusahaan2 besar, para pimpinannya sangat memperhatikan etika. Dari mereka muncul istilah ethic of generousity/etika kedermawanan. Lebih detil lg memperhatikan hal2 kecil.

Etika kedermawanan bukan saja diartikan suka ngasih bantuan, tp lebih dari itu. Anda mendengar orang bicara tanpa memotongnya itu adalah etika kedermawanan. Banyak lg yg lain.

Misalnya, bila naik angkot anda berhati2 agar bawaan anda tak kena orang lain, dll. (Etika = pantas atau tidak)... Wah dari gunung jadi ke etika ya? He he

Tidak ada komentar: