Sabtu, 11 Desember 2010

Unta

Untuk teman2 di Arab dan sekitarnya, selamat makan sate unta....
Ridawati Dimasseto, Yantie Triefhoss U, dan 'Eddy Prasetyo' menyukai ini.

orang arab sangat bergantung pada unta, meski hewan ini bukan asli dari sana.

sedikit catatan soal unta: Susu, daging dan tenaganya sangat membantu warga padang pasir. Apalagi tak ada hewan yg mampu hidup di suhu sampai 50 derajad celsius. Unta mampu menahan panas karena sel darahnya tak membeku, karena berbentuk elips.

Di antara hewan yg sering disebut di alquran adalah Unta ini. Sejarahnya selalu terkait dg para nabi, mulai Saleh (nabatain) hingga Muhammad (nama unta rasulullah Al-Qashwa).

Namun siapa sangka ikon gurun pasir Afrika dan Arab itu ternyata berasal dari Amerika. 4 juta tahun lalu, unta melintasi selat Bering menuju Asia. Unta punah di Amerika Utara selama jaman es yang terakhir.

Ada dua jenis unta, berpunuk 1 dan perpunuk 2. Namun yg paling banyak dipakai adalah yg berpunuk 1 karena tenaganya lebih kuat dan mampu menyimpan air lebih banyak di dalam tubuhnya. Soal ini ada sedikit riwayat, saat kehausan bersama tentaranya di padang pasir, Syaidina Ali membunuh unta hanya untuk mengambil persediaan air di tubuhnya.

Selain diambil daging, susu dan tenaganya, orang arab kerap menggelar balap unta yg digelar pada bulan2 november. Dulu jokinya anak kecil. Namun di zaman moderen ini, mereka banyak menggunakan robot joki yg bisa digerakkan dg remote controll. harga joki ini Rp40 juta rupiah perunit.

Tidak ada komentar: